Artikel Majalah Hati Beriman

Selasa, 11 Oktober 2011

Komunitas Motor Trail Salatiga

Terlibat dengan banyak orang itu adalah sesuatu hal yang sering terjadi dalam sebuah komunitas, saling mengenal satu dengan yang lain antar personil atau antar komunitas dalam sebuah forum sangatlah penting. Namun ketika dihadapkan pada sebuah kenyataan apakah bisa ketika bertemu hanya bertatap muka dan bersalaman dan yakin ketika bertemu kembali akan mengingat lagi. Identitas menjadi sebuah arti penting dalam sebuah komunitas.

Secara terminologi arti komunitas adalah suatu kelompok yang hidup dan saling berinteraksi di dalam suatu area/wilayah tertentu, jika di pecah lagi komunitas ini akan menjadi beberapa jenis dan klasifikasi, seperti komunitas bisnis, komunitas pekerja, ataupun komunitas pecinta motor atau sepeda.

Suaranya keras, tenaganya kuat mampu melewati medan yang tidak biasa, bentuk fisiknya menunjukkan kekuatannya, itulah motor trail, motor yang biasa dipakai untuk melewati medan yang tidak biasa.

Diawali hobi dan kecintaan yang sama terhadap motor trail, lahirlah sebuah komunitas motor trail yang diberi nama Cokrowono Trail Salatiga atau disingkat dengan Cokrowono pada Agustus 2010. “ dari kumpul-kumpul bareng hobi trabas terus sebelumnya memang sudah ada grup dulu namanya kots, Cuma kebetulan kita memang punya satu misi sendiri untuk grup ini” tutur yogi sekretaris Cokrowono. Cokrowono sendiri diartikan sebagai senjata didalam hutan, dari kata Cokro atau cakra yang merupakan senjata dan kata wono yang artinya hutan. Motor trail yang digunakan sebagai senjata didalam hutan.

Keseriusan para anggotanya dalam mengurusi komunitas ini pun membawa komunitas ini menjadi satu-satunya klub motor yang saat ini terdaftar secara resmi pada organisasi Ikatan Motor Indonesia sebagai induk organisasi otomotif dan Koni induk pembinaan administrasi dan prestasinya. Hal ini tersebut dalam pembukaan anggaran dasar Cokrowono, secara keanggotaan komunitas ini hanya mensyaratkan kejujuran dan kesetiakawanan diluar syarat administratif sebagai sebuah komunitas yang terorganisasi dengan baik.

Dalam berkegiatan komunitas ini tidak hanya berkutat seputar jelajah alam dan motor, kegiatan sosial berupa pemberian bantuan bencana Merapi pada november 2010 dilaksanakan sebanyak 2 kali, bahkan juga terlibat membantu syuting sebuah acara tv nasional.

Ditanya soal kegiatan kedepan Yogi Ardiako mengatakan bahwa kampanye tertib lalu lintas itu pasti, karena kita binaan dari polres, selain itu cokrowono juga ingin menunjukkan bahwa club itu tidak selalu hura-hura tapi juga ada kegiatan positif seperti bakti sosial.

Sebagai bagian dari komunitas besar bernama Salatiga Cokrowono sendiri berencana untuk turut berpartisipasi aktif dalam meramaikan wisata di wilayah Kota Salatiga dengan mengadakan acara “Jelajah ndeso jelajah wisata Salatiga” yang rencananya diadakan pada tanggal 20 Februari 2010 acara ini didukung oleh Ikatan Motor Indonesia dan Dishubkombudpar.(HB_jar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
template : HB  |    by : boedy's