Artikel Majalah Hati Beriman

Senin, 22 Maret 2010

Flek Paru Pada Anak Sulit Didiagnosis

Yang dimaksud dengan flek paru oleh masyarakat atau dokter mungkin untuk memudahkan pasien memahami adalah TBC paru. Pada hasil pemeriksaan foto rontgen dada pasien penderita TB seringkali terlihat gambaran seperti awan putih, atau flek-flek putih, mungkin dari sini istilah flek paru beredar di masyarakat.

Jadi flek paru adalah TBC paru alias tuberculosis paru. Walaupun sebenarnya gambaran flek-flek paru pada rontgen dada bukan khas untuk TBC saja.
TBC adalah penyakit infeksi yang disebabkan kuman Mycobacterium tuberculosis. Kuman masuk ke paru bersamaan dengan udara yang kita hirup, berdiam di paru dan berkembang biak. Itu berarti TBC merupakan penyakit menular. Oleh karena itu bila ada penderita TBC paru yang tinggal serumah, maka penghuni yang lain juga diberikan obat TBC untuk pencegahan, terutama pada anak-anak.

Pengobatan TBC di Indonesia GRATIS loh, obat TBC tersedia di semua puskesmas se Indonesia. Obat TBC harus diminum selama minimal 6 bulan. Gejala TBC pada anak seringkali tidak khas, berat badan turun atau tidak naik, demam lama, pembesaran kelenjar getah bening di leher dan batuk yang tidak sembuh-sembuh.

Pemeriksaan foto dada pada anak penderita TBC juga tidak bisa memastikan diagnosa, karena gambaran rontgen paru pada TBC anak tidak khas. Kelainan radiologis tersebut bisa dijumpai pada penyakit lain. Susah bagi dokter radiologi untuk memberikan kesimpulan tanpa ada embel-embel Suspek atau curiga pada kesimpulan pembacaan foto tersebut. Dengan kata lain pemeriksaan rontgen paru saja tidak dapat digunakan untuk mendiagnosis TBC.

Hal inilah yang menyebabkan sering terjadi overdiagnosis yang diikut overtreatment.
Royan said : maksudnya, seringkali anak yang berat badannya kurang, sering sakit langsung di diagnosis dengan TBC paru, dengan hanya melihat hasil rontgen yang ada flek-fleknya (biasanya hasil pembacaannya foto rontgen menyatakan Suspek atau curiga proses spesifik ) tanpa dilakukan pemeriksaan lain untuk menguatkan diagnosis.

Bagaimana dokter mendiagnosis TBC anak?
Flek paru atau TBC paru pada anak sulit di diagnosis karena gejala yang tidak khas. Demam ringan yang lama, berat badan turun, batuk merupakan gejala TBC yang dapat juga terjadi pada penyakit yang lain.

Diagnosis pasti TBC anak ditegakkan dengan menemukan kuman TBC.
Royan said : maksudnya, anak disuruh berdahak dan dahaknya di periksa dilaboratorium, bila pada dahak tersebut ditemukan kuman TBC, maka anak itu dipastikan menderita TBC.
Prakteknya, sangat susah mendapatkan dahak pada anak, kalau toh diperoleh dahak, seringkali tidak ditemukan kuman TBC. Kenapa tidak ditemukan kuman? Salah satunya karena jumlah kuman di dalam dahak yang masih sedikit. Jadi, hasil pemeriksaan dahak yang negatif tidak menyingkirkan anak dari diagnosis TBC. Susah kan.

Dari rontgen dada juga seperti itu, hanya bisa memberikan kemungkinan adanya proses TBC, karena gambaran rontgen paru pada TBC anak tidak khas. Dengan demikian pemeriksaan rongen paru saja tidak dapat digunakan untuk mendiagnosis TBC.
Kesimpulannya, tidak ada satupun pemeriksaan penunjang selain bakteriologis (pemeriksaan dahak) yang dapat memastikan diagnosis TBC. Diagnosis TBC anak tidak dapat ditegakkan hanya dari gejala pasien, pemeriksaan fisik atau pemeriksaan penunjang tunggal saja misalnya hanya dari pemeriksaan rontgen saja. Karena sulitnya mendiagnosis TBC pada anak, UKK pulmonologi PP IDAI membuat pedoman dengan sistem skoring yang dapat digunakan sebagai alat bantu diagnosis. Jadi, bila anak anda menurut Tabel ini menderita TBC, segera hubungi dokter anda.

Catatan-catatan
Diagnosis sistem skoring ditegakkan oleh dokter; Jika dijumpai scrofuloderma ( TBC kelenjar), langsung di diagnosis TBC; Berat badan dinilai saat datang; Demam dan batuk sudah diterapi sesuai prosedur; Foto rontgen dada bukan alat diagnosis utama pada TBC anak; Semua anak dengan reaksi cepat BCG harus dievaluasi dengan sistem skoring TBC anak; Didiagnosis TB jika jumlah skor ≥6, ( skor maksimal 14). Batas nilai ini masih sementara, masih menunggu hasil penelitian yang sedang berlangsung.(berbagai sumber_lux)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
template : HB  |    by : boedy's